Tips dan Trik Memilih Kompor Gas

22 June, 2018 By Administrator KitchenArt

Tak dapat dipungkiri bahwa kompor gas menjadi kebutuhan wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia. Semenjak pemerintah mulai mengkonversi minyak tanah ke LPG, maka kompor gas menjadi salah satu peralatan dapur yang laris dijual di pasaran.

Untuk mendapatkan kompor gas yang sesuai dengan kebutuhan dan keamanan keluarga anda, Apa saja sih yang harus di perhatikan? Simak tips berikut ini :

1. Tentukan kebutuhan tungku
Seperti kita ketahui bahwa kompor gas memiliki jumlah tungku yang bervariasi mulai dari 1 tungku, 2 bahkan 4 tungku. Sesuaikan dengan kebiasaan mamasak anda.

2. Ukuran kompor
Sebaiknya disesuaikan dengan area dapur dimana kompor tersebut akan ditempatkan. Menyesuikan ukuran dengan area dapur penting agar nyaman pada saat memasak. Perhitungkan juga posisi tabung dan jalur selang kompor agar aman nyaman saat memasak. Sebagai contoh ada kompor ukuran 80cm 90cm.

3. Jarak antar tungku
Pilih jarak antar tunggu satu dengan tungku yang lain lebar supaya tidak bersenggolan waktu menggunakan panci besar di saat kedua tungku digunakan.

4. Auto Ignition
Kalau bisa pilih auto Ignition! Maksudnya api otomatis yaitu kalau dibuka gas api langsung nyala.

5. Katup otomatis
Perhatikan sistem katup otomatis dimana pada saat saluran gas bocor sistem katup akan menutup secara otomatis. Penting untuk keamanan.

6. Pilih lampisan enamel pada tungku gas.

7. Pilih lapisan luar dari bahan stainless stell
Agar tidak mudah karatan dan lebih mudah waktu membersihkan noda menempel pada kompor. Ini biasanya berpengaruh juga pada masa pakai kompor tersebut.

Hampir mirip dengan membeli kulkas, membeli kompor gas juga dititik beratkan pada kebutuhan masing masing pengguna. Jadi pilih kompor gas sesuai kebutuhan saja biar barang sudah dibeli tidak sia sia. Demikian tips dan trik membeli kompor gas semoga dapat membantu.